ANALYSIS OF THE TEACHER COMPETENCE IMPACT ON CHARACTER EDUCATION IMPLEMENTATION IN THE LOW-GRADE STUDENTS DURING ONLINE LEARNING IN TOTOSARI PRIMARY SCHOOL
Corresponding Author(s) : Sari Ilham Wardani
Proceeding Internasional Conference on Child Education,
Vol. 1 No. 2 (2023): 1st ICCE 2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan dampak dari kompetensi guru sebagai upaya pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa kelas rendah selama pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data dan sumber data dikumpulkan dari guru-guru kelas rendah meliputi kelas I, II dan III di SD Negeri Totosari. Teknik pengumpulan data peneilitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik validitas data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman . Prosedur penelitian menggunakan metode studi kasus oleh Cresswell. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran sangat bergantung pada kompetensi guru, hal tersebut dikarenakan guru sebagai praktisi pendidikan utama dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kompetensi guru memiliki banyak dampak pada implementasi pendidikan karakter siswa kelas rendah selama pembelajaran online. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa guru dengan kompetensi yang memadai lebih mengupayakan dan mengatur kegiatan pembelajaran sehingga pendidikan karakter siswa selama pembelajaran online tetap dapat dilaksanakan. Begitu sebaliknya, bagi guru dengan kompetensi yang tidak memadai kurang mengatur dan tidak mengupayakan kegiatan pembelajaran sehingga pendidikan karakter tidak dapat berjalan dengan maksimal selama pembelajaran online
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX